(Upgrade Performa) Porting & Polish All New CB 150 R, Berikut Praktek dan hasilnya (part 1 – Proses Porting Polish)

image

Naah, Kemaren sudah tentang artikel posisi top noken as all new cb 150 r (klik disini) . Sesuai pada artikel kemaren, sekarang tinggal pembahasan artikel prosesi porting.

image

Diketahui, lubang intake standar All new CB 150 R yaitu 25 mm, tentunya lebih kecil dari pada intake pada mesin generasi lama.. Panjang manifold juga berpengaruh.. Tapi sekarang yang diubah hanya in dan out..
Sediakan alat tuner dan jangka sorong
Caranya..??

Prosesnya secara berurutan : bongkar cover > head silinder > kendorkan / longgarkan tensioner / stut keteng / kamprat > lepas noken as > lepas shim klep > lepas mur pengencang tusuk (dan ring-nya sate 4 biji dan baut samping ada 2 biji) > lepas baut pengencang manifold pada head silinder > lepas knalpot > lepas kop silinder > lepas klep dan busi > bersih kan kerak / karbon sisa pembakaran dengan carb cleaner dan gosok dengan amplas (jika susah pake obeng (-) kecil terlebih dahulu, baru diratakan dengan amplas) > tune bagian lubang in (dilebarkan 1 atau 2 mm (untuk harian) dan tune lubang bagian ex 0,5 mm / digerus sedikit.

image

Ingat, profil lubang in jangan terlalu halus tapi agak kasar, dan lubang bagian ex halus..

Jika sudah selesai, cuci kop silinder dan bagian in & ex dengan bensin dan diakhiri dengan carb cleaner..

Selesai sudah proses porting, dan rakit kembali..

Hasilnya, di next artikel yaa.. (Part 2)

6 thoughts on “(Upgrade Performa) Porting & Polish All New CB 150 R, Berikut Praktek dan hasilnya (part 1 – Proses Porting Polish)

Leave a comment